Thrifting Menjadi Hobi Baru Masyarakat Indonesia

By | 16 March 2021

Thrifting, pasti sudah tidak asing di telinga kita. Tapi apa sih sebenarnya thrifting itu? Thrifting adalah kegiatan berburu atau mencari barang-barang second import. Thrift sendiri adalah barang bekas import, yang kondisinya sudah tidak 100% bagus. Makanya munculah kegiatan thrifting, kegiatan mencari barang second import, atau barang-barang sisa import. Kalau kalian beruntung kalian bisa mendapatkan barang branded dengan harga murah. Berkembangnya teknologi, membantu para penjual dan pembeli melakukan transaksi online. Sehingga tidak heran kalau sekarang sudah banyak lapak online yang menjual barang-barang thrift. 

 

Peminat barang thrift datang dari berbagai kalangan. Walaupun barangnya second, banyak kalangan atas yang senang dengan barang thrift, karena kebanyakan barang thrift mempunyai style yang unik dan hanya ada satu. Sehingga menjadikannya semakin digandrungi. Style barang-barang thrift sendiri pun biasanya seperti barang vintage atau retro. Jadi tidak heran kalau barang thrift di lapak-lapak online cepat terjual. Karena banyaknya peminat barang thrift. Sistem siapa cepat dia yang dapat. Makanya kalau kalian ingin melakukan thrifting kalian harus siapkan mata kalian, jeli melihat setiap pakaian. 

 

Dimana Kita Bisa Melakukan Thrifting?

Barang-barang thrift yang merupakan barang second dari import yang kualitasnya tidak 100% baik, tapi jika kita jeli dalam mencari, kita bisa mendapatkan barang thrift yang hampir tidak memiliki defect. Dari jenis barangnya saja, barang bekas, dimana lagi tempat yang pasti menjual barang-barang fashion bekas tapi masih memiliki nilai jual, apalagi barang tersebut adalah barang import. Ya sudah pasti pasar. Tapi jangan salah, meskipun di pasar, yang tidak senyaman toko pakaian yang ada di mall yang ber ac dan memiliki fasilitas-fasilitas lainnya ini, tidak menurunkan antusiasme sebagian orang yang ingin melakukan thrifting. 

 

Kelebihan Turun Langsung Ke Pasar Demi Thrifting

Untuk temen-temen yang seneng dengan barang thrift, pasti tidak ada yang lebih seru selain turun langsung ke pasar mencari barang-barang thrift. Karena nikmatnya turun langsung mencari barang thrift, kita bisa langsung menilai barangnya dari ukurannya, bahannya nyaman atau enggak, desainnya gimana, ada defect apa enggak. Jadi kita bisa lebih puas dengan barang yang kita dapat. Apalagi saat mencari barang thrift dan kita menemukan ada barang branded dengan kualitas oke punya tapi dengan harga murah. Ini menjadi kebanggan tersendiri bagi pecinta barang thrift. 

 

Selain itu, yang menjadi poin plusnya, kita bisa langsung menawar harga pada pemilik lapak. Apalagi kalau sudah belanja banyak, makin bersemangat orang menawar harga. Walaupun bisa ditawar, tapi tetap tawar dengan harga yang sewajarnya ya. Saling menghargai konsumen dan produsen. 

Thrifting Sudah Bisa Dilakukan Secara Online

Karena berkembangnya teknologi, ini juga berdampak besar bagi kegiatan jual beli. Orang-orang mulai beralih ke penjualan online. Jadi selain menyediakan lapak yang berbentuk offline store, disediakan juga lapak online nya, sehingga memudahkan bertemunya konsumen dan produsen melakukan transaksi. Kalian tidak harus berdesak-desakan di pasar, apalagi di masa pandemi ini, yang diberlakukannya social distancing. Tentu saja online store sangat membantu bagi para pemburu barang thrift.