Banyak Orang Karena Uang Menjadi Lupa Diri Dan Egois

By | 3 December 2021

Banyak orang yang saya temui karena uang bisa berubah menjadi sangat jahat dan licik. Karena uang bisa menjadi seseorang yang lupa diri dan egois. Dan banyak dari mereka yang malah datang dari orang-orang yang terdekat. Datang dari circle ku sendiri. Dan itu yang membuat sedih. Dan banyak dari antara mereka memiliki alasan yang tidak masuk akal menurut ku sendiri. Dan dari alasan itu terlihat sekali hilangnya rasa kemanusiaan seseorang.

Banyak Orang Karena Uang Menjadi Lupa Diri Dan Egois

Dan semakin sedih melihat kenapa orang-orang yang saya kasihi malah menjadi seseorang yang tidak memiliki kasih dan rasa kemanusiaan. Seperti uang menjadi segalanya dan mengontrol hati seseorang. Dan itu sangat menyedihkan. Memang uang itu penting. Penting sekali untuk kelangsungan hidup karena akan menjadi alat tukar antara manusia. Dan menjadi sesuatu sangat penting untuk keseharian. Untuk keperluan sehari-hari. Tapi bukan berarti menjadi segala-galanya.

Yang sampai manusia bisa menjadi apa pun, bisa bertindak apa pun untuk mendapatkan uang ini. Sampai melupakan harga dirinya, melupakan dia masih seorang manusia yang memiliki hati dan akal budi. Lupa kalau dia itu lebih penting dari uang. Tapi bisa mengorbankan dirinya demi uang. Sangat sedih melihat kenyataan yang seperti ini. Orang bekerja mati-matian untuk mengumpulkan uang. Orang bekerja gila-gilaan untuk bisa menabung dan mendapatkan uang. Dan saat sudah memiliki uang, menjadi seseorang yang sangat kikir dan egois. Sehingga dia bisa merelakan, mengorbankan orang-orang yang dicintainya demi sebuah uang.

Uang yang memiliki nominalnya. Uang yang bisa dihitung. Uang yang masih bisa datang dan pergi. Mudah di dapat dan mudah pergi. Dan menukarkan nominal itu untu sesuatu yang tidak terhitung. Menukarnya untuk sesuatu yang sangat jauh lebih besar. Cinta seseorang, kepercayaan seseorang, kehadiran seseorang di relakan pergi, hanya untuk sesuatu yang bisa diperhitungkan. Janganlah menjadi manusia seperti ini. Jangan sampai anda kehilangan semua-semuanya baru anda sadar akan kesalahan kalian yang perhitungan, dan egois karena di kuasai oleh uang.