Manfaat Buah Mengkudu

By | 27 October 2020

9 Manfaat Tahitian Noni, Salah Satunya Menyehatkan Jantung Perokok

Sebagian dari kita mungkin tidak begitu mengetahui bahwa buah mengkudu masih termasuk dalam keluarga kopi. Untuk rasanya sendiri memang tidak begitu enak serta baunya juga sedikit tajam. Walaupun begitu, ternyata buah mengkudu tersebut kaya akan manfaat bagi kesehatan yang mungkin tidak pernah diketahui.

Berikut merupakan sejumlah manfaat dari buah mengkudu, diantaranya

• Mengatasi Arthritis

Bagi mereka yang menjalani gaya hidup sehat serta meminum jus mengkudu setiap harinya, maka rasa sakit yang disebabkan oleh arthritis juga akan ikut berkurang. Terlebih, hal tersebut didukung oleh sejumlah penelitian yang mengungkapkan bahwa buah mengkudu dapat membantu dalam mengurangi kerusakan sendi serta rasa sakit yang berkaitan dengan arthritis karena mengandung sifat analgesik di dalamnya.

• Mencegah Risiko Kerusakan Akibat Stroke

Dengan meminum jus mengkudu dipercaya bisa membantu dalam melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh stroke. Berdasarkan sebuah penelitian di Universitas Kobe Gakuin Jepang yang menggunakan hewan sebagai bahan uji coba untuk menentukan sifat anti-inflamasi serta antioksidan yang terdapat pada buah mengkudu apakah bisa melindungi tikus lab dari kerusakan otak yang diakibatkan oleh aliran darah yang kurang lancar ke bagian otak.

Saat aliran darah tersebut kembali lancar, maka kelompok tikus yang meminum jus buah mengkudu akan mengalami kerusakan neurologis yang lebih kecil ketimbang kelompok lainnya. Temuan tersebut telah dimuat dalam Biological and Pharmaceutical pada tahun 2009.

• Membantu Menurunkan Demam

Menurut sebuah studi mengungkapkan bahwa jus mengkudu mengandung sifat antivirus yang bisa membantu dalam menurunkan demam, mengobati badan pegal linu serta mengurangi batuk.

• Mencegah Risiko Encok

Encok termasuk sejenis arthritis yang diakibatkan oleh menumpuknya kristal asam urat pada persendian. Sejumlah penelitian juga mengungkapkan bahwa jus mengkudu bisa membantu dalam menurunkan konsentrasi asam di dalam darah sehingga dapat menurunkan risiko terjadinya encok.

• Menurunkan Kolesterol

Meningkatnya kadar kolesterol dalam darah termasuk salah satu faktor utama dari penyakit jantung ( kardiovaskular ). Selain itu, dengan merokok juga dapat membuat kadar kolesterol menjadi naik yang disebabkan oleh menumpuknya stres oksidatif pada tubuh.

• Mencegah Risiko Kanker

Kandungan berupa antioksidan pada buah mengkudu dipercaya dapat membantu dalam menurunkan risiko timbulnya kanker. Hal tersebut karena ia bersifat nekawab tumor serta stimulasi kekebalan tubuh. Terlebih, National Cancer Institute juga telah melakukan penelitian tentang khasiat buah tersebut sebagai pengobatan serta pencegahan terhadap kanker payudara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *