Komplikasi Penyakit Asam Urat Yang Berbahaya Bagi Kesehatan

By | 20 November 2020

6 Komplikasi dan Bahaya Asam Urat Jika Tidak Diobati

Asam urat merupakan penyakit yang biasanya dapat terjadi terhadap orang dewasa. Tidak hanya memicu munculnya rasa sakit, namun asam urat ini juga akan berujung pada komplikasi yang dapat membahayakan kesehatan tubuh jika tidak segera diobati.

Umumnya asam urat dapat terjadi ketika kadar uric acid ( asam urat ) terlalu tinggi pada tubuh. Kondisi tersebut dapat memicu pembentukan terhadap kristal asam urat di bagian persendian yang akhirnya menimbulkan berbagai gejala yang sangat mengganggu aktivitas penderitanya.

Untuk kadar asam urat harus dikontrol dengan mengonsumsi obat asam urat yang direkomendasikan oleh dokter serta menghindari sejumlah pantangannya. selain itu, diharapkan juga agar melakukan pengecekan asam urat secara rutin agar dapat mengontrol kadar asam urat tersebut. Ketika tidak dikontrol, maka tidak menutup kemungkinan akan membuat gejalanya kambuh terus menerus, bahkan berujung terhadap komplikasi yang disebabkan oleh kadar asam urat terlalu tinggi.

Berikut merupakan beberapa komplikasi yang bisa terjadi saat asam urat tidak segera diobati, antara lain

• Deformitas Sendi

Ketika terkena penyakit asam urat, bentuk persendian mungkin akan mengalami perubahan. Untuk komplikasi dari uric acid juga dapat disebut deformitas sendi. Umumnya deformitas sendi dapat terjadi karena peradangan kronis yang diakibatkan oleh serangan asam urat dan terjadinya pembentukan tophi pada persendian.Alhasil, lama kelamaan akan menimbulkan kelainan bentuk, kerusakanan dibagian sendi permanen serta kekakuan pada persendian.

• Tophi sebagai Komplikasi Uric Acid

Tophi merupakan sekumpulan kristal urat yang dapat menumpuk di bagian bawah permukaan kulit serta membentuk benjolan atau gumpalan. Umumnya gumpalan tersebut berbentuk keras, kecil dan bahkan terkadang terdapat bagian yang berwarna putih.

Biasanya benjolan tophi ini dapat muncul di sekitaran kaki, lutut, jari, pergelangan tangan dan juga tangan. Untuk benjolan ini tidak akan menimbulkan rasa sakit, namun dapat mengganggu aktivitas sehari – hari. Tophi tersebut terkadang bisa mengeluarkan cairan, seperti nanah serta menjadi rusak dan meradang.

Tophi dapat terjadi ketika seseorang mengalami penyakit asam urat kronis yang sudah berlangsung lama serta tidak dikontrol. Dimuat dalam Creaky Joints, kondisi ini biasanya terjadi terhadap seperempat orang yang mengalami asam urat. Saat dibiarkan, maka tophi dapat terus membesar dan kemudian mengikis kulit dan sendi serta jaringan yang berada di sekitarnya. Alhasil akan menyebabkan kerusakan di bagian sendi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *