Buah Terbaik Untuk Pengidap Stroke

By | 17 October 2020

5 Buah Ini Paling Tepat Dikonsumsi Penderita Stroke

Untuk mereka yang pernah mengalami penyakit jantung ataupun stroke, diharuskan untuk sesegera mungkin melakukan perbaikan terhadap pola makan dalam mencegah munculnya kembali penyakit tersebut dikemudian hari. Tidak hanya makanan yang dikonsumsi setiap harinya, seseorang yang menderita stroke juga diperlukan mengonsumsi buah – buahan yang menyehatkan untuk jantung.

Stroke sendiri berawal dari pembentukan plak di bagian pembuluh darah. Proses ini nantinya bisa dipercepat ketika terkena paparan radikal bebas yang berasal dari pola hidup tidak sehat maupun lingkungan. Jika dibiarkan, maka plak tersebut akan menghambat aliran darah ke bagian otak yang akhirnya memicu stroke.

Kandungan berupa antioksidan, mineral serta vitamin pada buah – buahan yang bisa membantu dalam melindungi tubuh dari risiko stroke dengan sistem kerjanya  menjaga fungsi otak serta melawan radikal bebas. Dari begitu banyaknya buah, berikut merupakan buah – buahan yang paling direkomendasikan bagi penderita stroke,

• Buah Sitrus

Jeruk nipis, jeruk sunkist, jeruk limau gedang, jeruk manis dan juga lemon merupakan buah – buahan yang masih termasuk ke dalam kelompok buah sitrus. Untuk serat dan juga antioksidan yang terkandung dalam buah sitrus bisa membantu dalam menurunkan kolesterol jahat, tekanan darah serta meningkatkan kolesterol baik sehingga inilah sebabnya mengapa buah sitrus dipercaya dapat menurunkan risiko stroke serta melindungi jantung.

• Pisang

Pisang memiliki kandungan berupa mineral yang sangat baik untuk kesehatan jantung, yakni kalium. Ketika asupan kalium tercukupi maka dapat membantu dalam menurunkan risiko penyakit jantung hingga 25 persen serta tekanan darah.

Tidak hanya itu, pisang juga memiliki kandungan antioksidan serta magnesium berupa katekin dan dopamin. Magnesium nantinya diperlukan untuk menjaga fungsi jantung agar tetap normal, sementara  katekin serta dopamin melindungi pembuluh darah dari peradangan serta radikal bebas.

• Beragam Jenis Berry

Berry kaya akan kandungan fitokimia dan juga antioksidan. Fitokimia merupakan senyawa kimia yang dapat dijumpai dalam bahan pangan nabati serta sejumlah manfaat tertentu ketika dikonsumsi. Untuk penderita stroke, senyawa tersebut nantinya berguna dalam menjaga pembuluh darah serta kesehatan jantung.

Untuk buah berry memiliki manfaatnya masing – masing. Seperti raspberry serta blackberry mengandung antioksidan polifenol yang dapat berfungsi dalam melindungi pembuluh darah dari sejumlah radikal bebas. Sedangkan, stroberi serta blueberry memiliki kandungan berupa zat yang dapat membantu dalam melebarkan pembuluh darah untuk memperlancar aliran darah pada tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *