Khasiat Kacang Polong Untuk Kesehatan

By | 8 October 2020

8 Khasiat Kacang Polong untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui | Dream.co.id

Kacang polong merupakan salah satu jenis kacang – kacangan yang berbentuk bulat, berwarna hijau khas serta berukuran kecil. Uniknya, untuk kacang ini sering sekali dianggap masuk ke dalam golongan sayur – sayuran. Hal tersebut karena sering diproses bersamaan dengan sayuran. Padahal, kacang tersebut sebenarnya masih termasuk ke kelompok legum, yakni tanaman yang dapat menghasilkan biji di bagian dalamnya. Tidak hanya kacang polong, terdapat juga beberapa jenis tanaman lainnya seperti buncis serta lentil yang juga masuk ke dalam keluarga legum.

Untuk kacang yang mempunyai nama latin Pisum Sativum L mengandung cukup banyak nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. Dalam satu cangkir kacang polong dengan ukuran 160 gram memiliki kandungan berupa,
> Folat ( vitamin B9 ) sebesar 24 persen
> Vitamin K sebesar 48 persen
> Tiamin ( vitamin B1 ) sebesar 30 persen
> Mangan sebesar 22 persen
> Serat sebesar 8,8 gram
> kalori sebesar 125 kalori
> Protein sebesar 8,2 gram

Sama seperti kacang pada umumnya, kacang polong juga dipercaya dapat menjadi sumber protein dan juga serat yang sangat baik dalam memenuhi kebutuhan harian. Tidak sampai disitu, jenis kacang ini juga kaya akan antioksidan yang bisa membantu tubuh dalam menangkal berbagai serangan radikal bebas.

Untuk memperoleh nutrisi baik dari kacang polong, anda dapat membelinya di pasar dengan bentuk yang masih utuh ataupun telah diolah menjadi produk tertentu. Ketika sudah diproses melalui pengolahan, biasanya kacang tersebut akan dikemas dalam bentuk dibekukan maupun dikalengkan.

Berikut beberapa manfaat dari kacang polong, antara lain

• Menurunkan Risiko Atas Penyakit Ginjal Yang Disebabkan Oleh Hipertensi

Sejumlah makanan yang mengandung cukup banyak serat terbukti sangat baik dalam menjaga tekanan darah dalam tubuh agar tetap stabil serta menurunkan risiko munculnya peradangan pada jantung. Terlebih, hal tersebut juga telah dibuktikan oleh Dr. Rotimin Aluko, selaku ahli pangan dari University of Manitoba, di Canada. Aluko mengungkapkan bahwa hipertensi ( tekanan darah tinggi ) termasuk faktor utama untuk mereka yang memiliki riwayat penyakit ginjal kronis.

• Kaya Antioksidan

Kacang polong merupakan salah satu sumber nutrisi alami yang berperan cukup penting dalam menyumbang antioksidan. Umumnya tubuh manusia bisa memproduksi antioksidan sendiri. Akan tetapi, asupan berupa antioksidan yang diperoleh dari luar juga diperlukan dalam memenuhi persediaannya guna memperkuat dalam menangkal berbagai serangan radikal bebas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *