Kondisi Kesehatan Tertentu Penyebab Munculnya Mati Rasa Pada Tangan

By | 1 October 2020

10 Masalah Kesehatan Penyebab Tangan Sering Kesemutan

Tangan mempunyai saraf yang cukup sensitif serta terhubung langsung ke bagian otak yang bertugas sebagai penerima sinyal. Menurut Rob Danoff, DO, selaku direktur spesialis pengobatan keluarga yang berada pada philadelphia Aria Health System, mengungkapkan bahwa ketika salah satu sisi bagian saraf rusak ataupun terjepit, maka dapat mempengaruhi otak dalam menerima seluruh informasi sensorik yang dikirim oleh tangan anda, sehingga inilah sebabnya mengapa muncul mati rasa pada tangan termasuk juga ke bagian jari – jarinya.

Berikut merupakan sejumlah penyebab munculnya mati rasa pada bagian tangan, diantaranya

• Kista Ganglion

Kista ganglion merupakan benjolan nonkanker yang dapat terbentuk di seluruh bagian tubuh. Akan tetapi, umumnya kondisi tersebut muncul di selubung penutup, di sekitar persendian, pangkal jari pada bagian telapak tangan, atas pergelangan tangan serta di sisi bagian atas sendi.

Untuk kista ganglion berbentuk bulat yang berisikan air seperti jeli. Selain itu, ketika menekan saraf yang berada di dekat kista ganglion dapat membuat tangan terasa sakit sehingga kondisi inilah yang bisa memicu munculnya mati rasa pada bagian tangan.

• Gangguan Tiroid

Gangguan tiroid dapat membuat tangan mati rasa. Saat gangguan tiroid tidak diobati dengan benar, maka tidak menutup kemungkinan akan menyebabkan kerusakan pada seluruh bagian saraf yang bertugas dalam membawa informasi antara sumsum tulang belakang dengan otak.

Tidak hanya mati rasa, tubuh juga akan menunjukkan sejumlah gejala lainnya seperti kenaikan berat badan, rambut rontok serta merasa dingin yang berkepanjangan. Untuk itu, diharapkan jangan sesekali untuk menyepelekannya ketika mengalami sejumlah gangguan tersebut.

• Carpal Tunnel Syndrome

Carpal Tunnel Syndrome merupakan salah satu penyebab mati rasa yang paling umum terjadi. Untuk kondisi tersebut terjadi ketika bagian saraf medianus terjepit, yakni saraf melintang yang melewati pergelangan tangan dengan bentuk seperti terowongan carpal.

Kondisi ini biasanya dapat menyebabkan munculnya mati rasa, kesemutan ataupun rasa sakit yang cukup menusuk pada bagian pergelangan tangan sampai lengan atas, seperti jari telunjuk, tengah, jempol serta telapak tangan yang sering terasa nyeri. Umumnya, penyakit ini sering menyerang mereka yang bekerja dengan mengandalkan tangan dalam waktu yang cukup lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *